24 April 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apakah Anda pernah mendengar mengenai gaya interior Scandinavia? Pastinya terdengar familiar bukan? Walau pun gaya interior ini tidak se-populer gaya modern maupun classic, gaya interior Scandinavia nyatanya cukup populer bahkan sempat menjadi trend gaya desain interior pada tahun 2018. Lalu apakah Anda pernah mendengar istilah “lagom”? Istilah ini sering dikaitkan dengan gaya interior Scandinavian, lho. Tapi sebenarnya, apa sih “lagom” itu?

Kata “lagom” sendiri berasal dari bahasa Swedia yang berarti: tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit; dengan kata lain, pas atau tepat. Jadi dapat disimpulkan bahwa istilah lagom berbicara mengenai keseimbangan. Lagom merupakan filosofi dan gaya hidup orang Swedia yang seimbang, tidak berlebihan dan proprosional sekaligus variasi terbaru dalam gaya desain interior Scandinavian. Dari segi desain interior, lagom ini cukup mirip dengan konsep minimalis karena prinsip desain serta estetika yang muncul dari tampilan interior yang sederhana dan tidak berlebihan. Bahkan dilansir dari abc News, seorang penulis asal Amerika bernama Niki Brantmark yang tinggal di Swedia bahkan sampai menerbitkan buku tentang Lagom karena keindahan interior Scandinavia yang muncul dari kesederhanaan dan keseimbangan; “Lagom: Not Too Little, Not Too Much: The Swedish Art of Living a Balanced, Happy Life”, yang mengklaim bahwa penggunaan filosofi lagom sebagai gaya hidup sekaligus sebagai gaya interior Scandinavia terbukti ampuh membuat orang merasa nyaman, meningkatkan kualitas hidup sehingga menemukan kebahagiaan.

Mengenal Filosofi “Lagom” Pada Desain Interior Hunian Bergaya Scandinavia Serta 8 Aturannya

Jika Anda juga ingin menemukan keseimbangan, meningkatkan kualitas hidup dan menemukan kebahagiaan di rumah, maka cobalah menghadirkan gaya interior Scandinavia dengan filosofi lagom di dalamnya. Berikut 8 aturan Lagom pada interior rumah bergaya Scandinavia.

  1. Declutter

Interior rumah haruslah seimbang antara “clear” dan “clean” sehingga menciptakan suasana rumah yang nyaman dan hangat. Segalanya haruslah rapi, simple, praktis dan tidak berlebihan.

  1. Bring in nature

Interior rumah harus seimbang dan terkoneksi dengan alam disekitarnya. Oleh karenanya, jika rumah Anda terletak di dekat perairan seperti laut, maka Anda dapat menghadirkan nuansa pantai pada interior seperti kerang dan interior bernuansa biru pastel. Demikian juga jika rumah Anda terletak di dekat sawah atau hutan, maka hadirkan lightwood serta warna hijau pastel pada interior ruangan. Berkreasilah dengan lingkungan alam sekitar sebagai inspirasi desain interior.

  1. Gunakan warna pastel dan mute

Gunakan warna yang organik pada interior seperti warna pastel dan mute, diantaranya berupa putih, abu-abu, biru pastel, hijau pastel, pink pastel, krem dan warna kalem lainnya.

  1. Mainkan tekstur

Gabungkan berbagai tekstur seperti karpet serta tekstur alami seperti kayu, linen atau beton. Beton yang di ekspos juga dapat berperan sebagai tekstur.

  1. Hadirkan tanaman

Tanaman wajib ada pada desain interior bergaya Scandinavia yang menggunakan filosofi lagom. Keberadaan banyak tanaman pada interior mampu membuat ruangan terasa segar dan nyaman.

  1. Perhatikan pencahayaan

Atur rumah agar mendapat pencahayaan alami sebanyak mungkin dengan memperbanyak bukaan berukuran besar atau adanya skylight. Hal ini membuat rumah terasa lebih alami, hemat energi sekaligus sehat.

  1. Go vintage

Pada lagom, barang-barang vintage dan berbahan kayu serta kain dipercaya mampu membuat rumah terasa familiar dan nyaman. Padukan dengan barang-barang baru berkualitas tinggi.

  1. Keep it pristine

Tetaplah simple dan minimalis sehingga  interior terkesan bersih dan rapi. Karenanya, jarang sekali interior lagom yang memiliki karpet karena dianggap sulit dibersihkan. Namun boleh saja menggunakan karpet berukuran kecil yang simple dan unik untuk menambah estetika, terutama jika Anda memang membutuhkan keberadaan karpet pada ruangan.

Nah demikian tadi artikel Emporio Interior mengenai filosofi “lagom” pada desain interior hunian bergaya Scandinavia serta 8 aturannya. Jika Anda membutuhkan jasa desain interior untuk merenovasi tampilan interior rumah Anda, maka percayakan saja pada kami, Emporio Interior. Bersama Emporio Interior, beri sentuhan baru yang artistik pada interior rumah Anda.